MENAMBAH WAWASAN, SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN TANPA MENGHILANGKAN HIBURAN


Breaking News

Saturday, 27 August 2016

DESAIN RUMAH MENURUT ISLAM



DESAIN RUMAH MENURUT ISLAM

https://tunjungbudiwati.files.wordpress.com/2010/04/rumah-idaman-e1272354761192.jpg?w=510

Mungkin sering terbenak dalam diri kita pribadi , sebenarnya bagaimana sih rumah yang baik /rumah yang boleh dibangun menurut Islam? Sebagai pemeluk agama Islam pastinya harus mengerjakan segala perintah dan larangan-Nya, begitu pula dalam segi tingkah laku di dunia harus menurut syariat Islam, Rumah sebagai pelindung dari panasnya matahari ,hujan,hewan buas dan lain sebagainya,Rumah merupakan bangunan yang menjadi idaman banyak orang maka banyak orang yang menghias rumahnya dengan berbagai rupa , dari yang rumit hingga yang mahal guna mempercanti rumah idaman, namun bagaimanakah aturan aturan yang benar menurut Islam dalam tata cara mempercantik sebuah rumah?

Sebagai bidang kita apalagi yang menjadi kebutuhan sehari hari dalam pekerjaan, kita wajib tahu bagaimana desain yang diperbolehkan dalam Islam dan desain yang dilarang oleh Islam?

Baiklah dalam hal ini akan kita bahas tentang ciri ciri desain Rumah yang Baik Menurut Islam. Rumah yang kita bangun boleh indah serta cantik. Namun ingat bahwa hal tersebut tidak boleh berlebih-lebihan.Maka kita harus hindari untuk membuat rumah yang terlalu megah. Disamping itu. bangunan yang anda bangun juga tidak boleh mengandung unsur-unsur syirik untuk desain serta ornamen di dalamnya.

Didalam Tata Desain Rumah Islami bisa dijelaskan bahwa rumah islami adalah sebuah rumah idaman untuk setiap keluarga muslim. Tapi. untuk kenyataannya. tidak seluruh keluarga muslim mengerti makna dan rumah islami yang sebenarnya. Saat ini. banyak yang salah kaprah untuk memahami serta mempraktikkan konsep dari rumah islami. Pada dasarnya. rumah islami mempunyai dua komponen utama, yaitu bangunan fisik dan juga penghuni rumah.

Posisi Rumah yang Baik Menurut Islam Berdasarkan Alquran dan Hadist Berdasarkan Al — quran. ada tiga kata yang digunakan untuk mendeskripsikan pengertian rumah. Tiga kata tersebut adalah maskan,manzil.,dan bait. lstilah dan manzil (tempat).

Kata ini ada dalam firman Allah SWT yang memiliki makna berikut “Dan engkau berdoalah. Ya Tuhanku. tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi. dan engkau adalah sebaik-baiknya yang memberi tempat”.(Q.S. Al-Mu’minun 23:29)

 Di dalam buku karya dan A. Rehman dalam The Grand Tradition of Islamic Architecture, dijelaskan bahwa arsitektur islami adalah arsitektur yang selalu berlandaskan pada Nilai-nilai Al-Quran seria hadist. Para arsitek dan Pelaksana wajib mampu memahami dan mengerti posisi rumah yang baik menurut Islam.Karena kita sebagai konsultan harus mengarahkan Klien kita dengan atau sesuai syariat Islam agar diperoleh keberkahan dalam setiap pembangunan. OIeh sebab itu bangunan arsitektur harus memenuhi beberapa hal berikut ini.


  • Berdasarkan Risalah dan Tauhid. bangunan tidak boleh mengandung unsur syirik dalam ornamen dan juga desainnya. Al-Quran juga menegaskan tentang kesadaran untuk lingkungan hidup si pemilik rumah. Dalam membangun sebuah rumah juga harus didasarkan pada kosep desain yang berbasis geometri murni. 
  • Bangunan itu mempunyai badan yang didesain atau dibuat dengan konsep geometri. Sedangkan untuk jiwa dan bangunan bisa didesain dengan memodirikasi ventilasi. pencahayaan. Iandskap. suara. tekstur. warna. interior dan eksterior. 


Desain Interior dan Posisi Rumah yang Baik Menurut Islam 

 Desain interior untuk rumah islami sebaiknya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Didalam rumah sebaiknya disediakan ruang khusus yang digunakan untuk ibadah (musholla). Disamping itu. jadikanlah dinding rumah untuk ruang tamu dan ruang pribadi sebagai hijab(skat). Kamar orangtua dan anak-anak sebaiknya terpisah. 
  • Disamping itu, sebuah rumah juga harus memiliki kamar tamu serta kamar pribadi. 
  • Posisi kamar mandi dan closet tidak boleh menghadap kiblat. Selain itu. anda dapat menggunakan hiasan atau ornamen yang bernuansa islami 

     Selain komponen bangunan fisik tersebut diatas. penghuni rumah juga punya peranan penting untuk menciptakan konsep desain rumah islami. Dalam menegakkan bangunan islami, penyangga utamanya adalah rumah tangga islami itu sendiri.

     Jadi pada kesimpulannya untuk menjaga hal hal yang kurang baik menurut islam pada intinya jangan terlalu berlebihan dalam mendesain rumah , toh rumah yang kita tempati sekarang juga tidak akan kita bawa untuk selamanya,terus kan malu bila rumahnya jelek, ?hehehe namun pada intinya bersih tidak rumah itu, sebagus apapun rumah itu bila kotor /tidak pernah dibersihkan pastinya juga akan kelihatan jelek namun sebaliknya bila rumah itu kecil namun sering dibersihakan maka rumah itu akan kelihatan indah dan rapi, kita boleh memperindah rumah kita namun tidak dengan berlebih lebihan, karena berlebih lebihan adalah merupakan sifatnya syaiton. Sekian artikel Desain rumah menurut Isalam semoga bermanfaat bagi kita semua Aamiin

 Terima kasih

 Salam Sipil

Post a Comment

Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

Artikel Menarik Lainnya

Copyright © 2017 | Designed By Afif Ma'ruf Yulfriza